Dalam
wacana yang menyatakan bahwa Indonesia
diperkirakan akan menjadi Indonesia Emas di tahun 2045 . Jika dilihat dari data – data yang menunjukkan bahwa masih banyak
permasalahan - permasalahan
di
Indonesia yang semakin hari semakin memburuk bahkan sulit untuk diperbaiki
untuk menjadi lebih baik dari negara – negara lain .
Pendidikan
merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan suatu negara . Dengan
adanya pendidikan diharapkan kita dapat mampu menyiapkan Sumber Daya Manusia (
SDM ) yang nantinya akan meneruskan dan memajukan negara Indonesia menjadi
lebih baik lagi . Indonesia juga merupakan negara yang sangat kaya akan Sumber
Daya Alam ( SDA ) , namun semua itu akan sia – sia apabila Sumber Daya Manusia
( SDM ) yang kita miliki tidak dapat memanfaatkan Sumber Daya Alam ( SDA ) yang
sudah ada sebelumnya . Pembentukan atau
penciptaan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang bermutu tergantung pada sistem dan
penerapan pendidikan . Di Indonesia masih banyak permasalahan – permasalahan
mengenai pendidikan yang sampai sekarang belum bisa terealisasikan seperti
, rendahnya mutu pendidikan di Indonesia
yang menjadi masalah utama yang harus cepat diatasi.
Rendahnya
sarana dan pra – sarana pendidikan di Indonesia . Sekarang ini masih banyak sekali kasus –
kasus mengenai sekolah – sekolah yang tidak layak pakai , atap sekolah yang
rapuh dan terlihat hampir roboh , dinding sekolah yang sudah retak – retak dan
hal ini sangat ironis bila melihat anggaran pendidikan di Indonesia sekarang
ini yaitu 20 % dari APBN.
Permasalahan
yang lebih ringan lainnya ialah mengenai ketersediaan alat – alat dan sarana
yang mendukung pendidikan di Indonesia seperti perpustakaan sekolah ,
laboratorium sekolah , dan ruang kelas yang cukup . Masalah – masalah seperti
ini tidak hanya terjadi di daerah – daerah pedesaan dan terpencil saja , namun
juga ada di kota – kota besar . Hal ini sangat berbanding terbalik dengan
megahnya gedung Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR ) , gedung walikota , dan gedung
– gedung pemeritah lainnya . Sehingga hal – hal tersebut menjadi bukti
kurangnya perhatian pemerintah akan pemerataan mutu pendidikan di Indonesia .
Mahalnya
biaya pendidikan di Indonesia juga merupakan masalah utama di dalam sistem
pendidikan di Indonesia . Banyak anak sekolah yang putus sekolah karena
mahalnya biaya pendidikan yang harus mereka bayar untuk bisa mendapatkan
pendidikan yang lebih baik . Sedikitnya setengah juta anak usia Sekolah Dasar (
SD ) dan 200 ribu anak usia Sekolah Menengah pertama ( SMP ) tidak dapat
melanjutkan pendidikan . Padahal anggaran pendidikan dari pemerintah dalam
kategori banyak , namun masih belum bisa menyelesaikan permasalahan –
permasalahan ini. Bahkan program Biaya Operasional Sekolah ( BOS ) dari
pemerintah masih belum bisa berjalan dengan baik dan masih ada juga sekolah
yang memungut biaya pendidikan kepada para siswa . Sehingga menimbulkan protes
bagi orang tua siswa secara berkelanjutan .
Saat
ini tidak semua daerah di Indonesia memiliki gedung sekolah , pengajar dan
sarana pendidikan yang sama yaitu dilihat dari segi kualitas dan kuantitasnya .
Bagi sebagian orang pendidikan merupakan hal yang biasa , namun berbeda dengan
orang - orang yang tinggal di daerah - daerah terpencil di Indonesia ,
pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat berharga . Hal ini dikarenakan ,
untuk mencukupi atau bisa mendapatkan pendidikan diperlukan biaya yang mahal
karena di daerah tersebut sekolah masih sedikit atau jarang . Hal ini karena
sistem yang ada di Indonesia memfokuskan pendidikan di wilayah - wilayah yang
potensial saja yang kemudian mengakibatkan kesenjangan di dalam pendidikan itu
sendiri .
Rendahnya
kesejahteraan guru juga menjadi permasalahan , karena salah satu bagian penting
yang berperan dalam kemajuan pendidikan adalah guru . Kesejahteraan guru
berdampak pada mutu pengajaran yang ada . Sekarang ini masih banyak guru - guru
yang mendapatkan upah yang kurang layak , meskipun banyak anggapan bahwa
profesi guru merupakan profesi yang menjanjikan . Hal ini mengakibatkan para
guru tersebut menjalani profesi sampingan seperti mengajar di tempat lain
seperti bimbingan belajar , mengajar di sekolah lain , berjualan buku atau LKS
, dan lain sebagainnya.
Rendahnya
prestasi siswa sangat menentukan kemajuan dan mutu pendidikan di Indonesia . Namun
yang sangat disayangkan ialah rendahnya prestasi yang diraih pelajar - pelajar
Indonesia . Masih kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan adalah faktor
utama bagi generasi - generasi muda dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya
Manusia ( SDM ) , meningkatkan karakter bangsa menjadi lebih baik ,
meningkatkan kesejahteraan masyarakat , serta dengan adanya pendidikan dapat
meningkatkan pemahaman generasi penerus tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
( IPTEK ) agar tidak jauh tertinggal dengan negara lain .
Banyak
sekali faktor yang menjadikan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia .
Faktor - faktor tersebut diantaranya ialah rendahnya kualitas guru , rendahnya
sarana dan prasarana , mahalnya biaya pendidikan , rendahnya prestasi siswa ,
rendahnya kesejahteraan guru , rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan
, kurangnya pemerataan kesempatan pendidikan . Namun dibalik faktor - faktor
tersebut , yang mendasar dari permasalahan - permasalahan dalam pendidikan di
Indonesia ialah sistem pendidikan di Indonesia itu sendiri yang menjadikan
siswa sebagai objek . Maksudnya ialah siswa hanya dituntut untuk mengikuti
seiring dengan perkembangan zaman tanpa mampu dapat memilih mana yang baik dan
mana yang buruk . Maka dari itu dibutuhkan kerja sama antara pemerintah dan
masyarakat untuk dapat mengatasi segala permasalahan - permasalahan mengenai
pendidikan di Indonesia .
Sehingga
dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan faktor utama dalam menunjang
perkembangan di negara Indonesia karena dengan adanya pendidikan, kita dapat
meningkatkan berbagai permasalahan - permasalahan seperti , rendahnya karakter
suatu bangsa , rendahnya Sumber Daya Manusia ( SDM ) , rendahnya kesejahteraan
masyarakat , rendahnya pemahaman masyarakat tentang budaya Indonesia itu
sendiri , rendahnya pemahaman akan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) ,
meningkatknya taraf pengangguran di Indonesia , dan lain sebagainnya . Namun ,
apabila di suatu negara tersebut masih banyak mengahadapi permasalahan - permasalahan mengenai kualitas , mutu , dan
sarana dan prasarana pendidikannya dimana permasalahan tersebut masih belum
baik dan bahkan pemerataan akan pendidikan di berbagai daerah - daerah di
negara tersebut saja masih jauh dari yang diharapkan , sehingga untuk menuju
suatu perkembangan yang lebih baik dalam jangka waktu sebentar ialah suatu hal
yang mustahil . Maka dari itu untuk Statement yang menyatakan bahwa Indonesia
akan menjadi Indonesia Emas di tahun 2045 adalah hal yang masih belum dapat
dipastikan karena masih terdapat permasalahan - permaslaahn yang belum dapat
terealisasikan dengan baik .
0 komentar:
Posting Komentar