Indonesia Emas di Tahun 2045




Dalam wacana yang menyatakan bahwa Indonesia diperkirakan akan menjadi Indonesia Emas di tahun 2045 . Jika dilihat dari data – data yang menunjukkan bahwa masih banyak permasalahan - permasalahan di Indonesia yang semakin hari semakin memburuk bahkan sulit untuk diperbaiki untuk menjadi lebih baik dari negara – negara lain .

Pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan suatu negara . Dengan adanya pendidikan diharapkan kita dapat mampu menyiapkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang nantinya akan meneruskan dan memajukan negara Indonesia menjadi lebih baik lagi . Indonesia juga merupakan negara yang sangat kaya akan Sumber Daya Alam ( SDA ) , namun semua itu akan sia – sia apabila Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang kita miliki tidak dapat memanfaatkan Sumber Daya Alam ( SDA ) yang sudah ada sebelumnya .  Pembentukan atau penciptaan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang bermutu tergantung pada sistem dan penerapan pendidikan . Di Indonesia masih banyak permasalahan – permasalahan mengenai pendidikan yang sampai sekarang belum bisa terealisasikan seperti ,  rendahnya mutu pendidikan di Indonesia yang menjadi masalah utama yang harus cepat diatasi.

Rendahnya sarana dan pra – sarana pendidikan di Indonesia .  Sekarang ini masih banyak sekali kasus – kasus mengenai sekolah – sekolah yang tidak layak pakai , atap sekolah yang rapuh dan terlihat hampir roboh , dinding sekolah yang sudah retak – retak dan hal ini sangat ironis bila melihat anggaran pendidikan di Indonesia sekarang ini yaitu 20 % dari APBN.




Permasalahan yang lebih ringan lainnya ialah mengenai ketersediaan alat – alat dan sarana yang mendukung pendidikan di Indonesia seperti perpustakaan sekolah , laboratorium sekolah , dan ruang kelas yang cukup . Masalah – masalah seperti ini tidak hanya terjadi di daerah – daerah pedesaan dan terpencil saja , namun juga ada di kota – kota besar . Hal ini sangat berbanding terbalik dengan megahnya gedung Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR ) , gedung walikota , dan gedung – gedung pemeritah lainnya . Sehingga hal – hal tersebut menjadi bukti kurangnya perhatian pemerintah akan pemerataan mutu pendidikan di Indonesia .

Mahalnya biaya pendidikan di Indonesia juga merupakan masalah utama di dalam sistem pendidikan di Indonesia . Banyak anak sekolah yang putus sekolah karena mahalnya biaya pendidikan yang harus mereka bayar untuk bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik . Sedikitnya setengah juta anak usia Sekolah Dasar ( SD ) dan 200 ribu anak usia Sekolah Menengah pertama ( SMP ) tidak dapat melanjutkan pendidikan . Padahal anggaran pendidikan dari pemerintah dalam kategori banyak , namun masih belum bisa menyelesaikan permasalahan – permasalahan ini. Bahkan program Biaya Operasional Sekolah ( BOS ) dari pemerintah masih belum bisa berjalan dengan baik dan masih ada juga sekolah yang memungut biaya pendidikan kepada para siswa . Sehingga menimbulkan protes bagi orang tua siswa secara berkelanjutan .

Saat ini tidak semua daerah di Indonesia memiliki gedung sekolah , pengajar dan sarana pendidikan yang sama yaitu dilihat dari segi kualitas dan kuantitasnya . Bagi sebagian orang pendidikan merupakan hal yang biasa , namun berbeda dengan orang - orang yang tinggal di daerah - daerah terpencil di Indonesia , pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat berharga . Hal ini dikarenakan , untuk mencukupi atau bisa mendapatkan pendidikan diperlukan biaya yang mahal karena di daerah tersebut sekolah masih sedikit atau jarang . Hal ini karena sistem yang ada di Indonesia memfokuskan pendidikan di wilayah - wilayah yang potensial saja yang kemudian mengakibatkan kesenjangan di dalam pendidikan itu sendiri .

Rendahnya kesejahteraan guru juga menjadi permasalahan , karena salah satu bagian penting yang berperan dalam kemajuan pendidikan adalah guru . Kesejahteraan guru berdampak pada mutu pengajaran yang ada . Sekarang ini masih banyak guru - guru yang mendapatkan upah yang kurang layak , meskipun banyak anggapan bahwa profesi guru merupakan profesi yang menjanjikan . Hal ini mengakibatkan para guru tersebut menjalani profesi sampingan seperti mengajar di tempat lain seperti bimbingan belajar , mengajar di sekolah lain , berjualan buku atau LKS , dan lain sebagainnya.




Rendahnya prestasi siswa sangat menentukan kemajuan dan mutu pendidikan di Indonesia . Namun yang sangat disayangkan ialah rendahnya prestasi yang diraih pelajar - pelajar Indonesia . Masih kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan adalah faktor utama bagi generasi - generasi muda dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) , meningkatkan karakter bangsa menjadi lebih baik , meningkatkan kesejahteraan masyarakat , serta dengan adanya pendidikan dapat meningkatkan pemahaman generasi penerus tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) agar tidak jauh tertinggal dengan negara lain .

Banyak sekali faktor yang menjadikan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia . Faktor - faktor tersebut diantaranya ialah rendahnya kualitas guru , rendahnya sarana dan prasarana , mahalnya biaya pendidikan , rendahnya prestasi siswa , rendahnya kesejahteraan guru , rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan , kurangnya pemerataan kesempatan pendidikan . Namun dibalik faktor - faktor tersebut , yang mendasar dari permasalahan - permasalahan dalam pendidikan di Indonesia ialah sistem pendidikan di Indonesia itu sendiri yang menjadikan siswa sebagai objek . Maksudnya ialah siswa hanya dituntut untuk mengikuti seiring dengan perkembangan zaman tanpa mampu dapat memilih mana yang baik dan mana yang buruk . Maka dari itu dibutuhkan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat untuk dapat mengatasi segala permasalahan - permasalahan mengenai pendidikan di Indonesia .

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan faktor utama dalam menunjang perkembangan di negara Indonesia karena dengan adanya pendidikan, kita dapat meningkatkan berbagai permasalahan - permasalahan seperti , rendahnya karakter suatu bangsa , rendahnya Sumber Daya Manusia ( SDM ) , rendahnya kesejahteraan masyarakat , rendahnya pemahaman masyarakat tentang budaya Indonesia itu sendiri , rendahnya pemahaman akan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) , meningkatknya taraf pengangguran di Indonesia , dan lain sebagainnya . Namun , apabila di suatu negara tersebut masih banyak mengahadapi permasalahan -  permasalahan mengenai kualitas , mutu , dan sarana dan prasarana pendidikannya dimana permasalahan tersebut masih belum baik dan bahkan pemerataan akan pendidikan di berbagai daerah - daerah di negara tersebut saja masih jauh dari yang diharapkan , sehingga untuk menuju suatu perkembangan yang lebih baik dalam jangka waktu sebentar ialah suatu hal yang mustahil . Maka dari itu untuk Statement yang menyatakan bahwa Indonesia akan menjadi Indonesia Emas di tahun 2045 adalah hal yang masih belum dapat dipastikan karena masih terdapat permasalahan - permaslaahn yang belum dapat terealisasikan dengan baik . 

0 komentar:

Posting Komentar

My Instagram